image
15 Januari 2018 | 13:16 WIB | SOULUTION

Merasa Nggak Bisa Gerak dan Bicara Saat Tidur, Apa Benar Ketindihan Setan?

EKSPRESI– Pernah nggak kamu Anda terbangun dari tidur, tapi nggak bicara atau bergerak seperti ada yang menindih badan? Di masyarakat kejadian seperti itu sering disebut ketindihan setan. Wih, kok seram ya. Tapi apa benar badan kita ketindihan setan?

Nah, kejadian yang sering kali dikaitkan dengan kejadian mistis ternyata Cuma mitos, kawan. Ketindihan sendiri memiliki penjelasan secara medis.

Ketindihan, secara medis disebut dengan sleep paralysis, adalah peristiwa yang biasanya ditandai dengan ketidakmampuan untuk berbicara atau bergerak saat terbangun dari tidur atau ketika akan tidur. Berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit.

Otot menjadi nggak aktif saat tidur, pada waktu ketindihan terjadi, nggak aktifnya otot berlanjut untuk beberapa saat dari masa tidur ke masa sadar. Saat mengalami ketindihan, ada kemungkinan juga mengakibatkan seseorang merasa sulit bernapas. Selain itu, nggak jarang ada yang merasakan sensasi lain, misalnya merasa ada sosok lain bersamanya. Ini merupakan jenis halusinasi yang umum terjadi. Ketindihan juga merupakan hal wajar yang sering dialami oleh remaja berusia sekitar 14-17 tahun. Lalu apa saja penyebabnya?  

Jam Tidur Berubah-ubah

Nah, buat kamu yang suka begadang karena ngerjain tugas sekolah atau nge-game, mulailah kurangi. Hal tersebut penyebab utama kenapa kamu bisa merasakan sensasi ‘ditindih setan’.

Posisi Tidur

Kalau terbiasa dengan tidur terlentang, cobalah biasakan untuk tidur miring. Karena 60 persen dari peristiwa ketindahan ini terjadi karena posisi tidur kita terlentang.

Stress

Stress ternyata juga bisa mengakibatkan terjadinya sleep paralysis. Lupakan dulu masalah-masalah yang sedang kamu pikirkan sebelum tidur ya.

Obat-obatan

Nggak cuma bikin cepat ngantuk, mengonsumsi obat emang punya efek bermacam-macam. Mengonsumsi obat ternyata juga bisa menyebabkan sleep paralysis. Makanya, jangan berlebihan apalagi sampai mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Haram hukumnya! 

Foto: cbsnews

(Adib Auliawan /SMNetwork /CN42 )