image

BUKU KUNJUNGAN: Kepala BP2MK Dikbud Jateng Wilayah III Surakarta, Jasman Indradno didampingi Kasek SMA 2 Wonogiri Endang Sunarsih (kedua dan kesatu dari kanan), tengah mengisi kesan pesan di buku kunjungan Smanda Library.(Foto suaramerdeka.com/Bambang Purnomo)

13 Januari 2018 | 00:00 WIB | Solo Metro

Generasi Milineal Diharapkan Bisa Go Internasional

WONOGIRI, suaramerdeka.com- Para siswa yang sekarang menjadi generasi milineal, kelak diharapkan dapat go internasional. Yang tidak saja tumbuh menjadi generasi cerdas, sebagai penyangga kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara, tapi juga mampu berprestasi di tingkat dunia.

Harapan tersebut, Jumat (12/1), disampaikan oleh Kepala Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Wilayah III Surakarta, Jasman Indradno, ketika meresmikan gedung perpustakaan SMA 2 Wonogiri. Upacara peresmian, dilaksanakan bersamaan dengan acara peringatan HUT Ke 44 SMA 2 Wonogiri.

Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Provinsi Jateng, Jasman Indradno, menyatakan, Indonesia di Tahun 2045 nanti akan genap berusia satu abad. Menyongsong seratus tahun usia republik kelak, para siswa diharapkan mampu eksis menjadi generasi penerus lebih baik, menjadi penyangga kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Menandai peresmian gedung perpustakaan SMA 2 Wonogiri, Jasman Indradno berkenan membubuhkan tanda tangannya di lempengan marmer prasasti. Kemudian dilanjutkan penandatangan berita acara bersama Kepala SMA 2 Wonogiri Endang Sunarsih dan Ketua Komite Sekolah Suprato yang mantan Sekda Wonogiri.

Rangkaian peresmian gedung perpustakaan sekolah, diawali dengan apel bersama semua guru, karyawan dan murid, di halaman tengah. Ikut diundang pula para mantan Kasek SMA 2 bersama para guru yang telah purna dan pengurus komite sekolah. Mantan Kasek yang hadir, Suparno yang dulu juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, bersama mantan Kasek SMA 2 Sardito dan Dalimin.

Perpustakaan Termegah

Dalam apel tersebut, Kepala BP2MK Wilayah III, Jasman Indradno, mendampingi Kasek Endang Suanrsih untuk melepas balon, dan pengibasan bendera start memberangkatkan jalan sehat massal para murid. Kemudian diteruskan pembukan pintu gedung perdana dan pemeriksaan ke ruang Smanda (SMA Negeri 2) Library.

Smanda Librarry, hadir menjadi gedung perpustakaan termegah di Kabupaten Wonogiri. Dibangun tiga lantai dengan dana Rp 900 juta. Lantai bawah dipakai untuk gudang buku, lantai dua dan tiga dijadikan tempat memajang buku-buku bacaan, yang sekaligus sebagai ruang baca. 

Pustakawan Aris Nugroho dan Bernadetta Endang Sudarti Respatiningsih, menyatakan, juga dilengkapi dengan fasilitasi Wi-Fi, yakni perangkat teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel, melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi. Sebagai pengelola, Pustakawan Madya Bernadetta Endang, Tahun 2016 meraih juara III pustakawan berprestasi tingkat nasional.

Wakasek Humas SMA 2 Wonogiri, Wardoyo, menyatakan, puncak peringatah HUT Ke 44 akan digelar Sabtu (13/1), ditandai dengan final lomba putra-putri duta batik Smanda, dan penyerahan hadiah aneka lomba, termasuk lomba lari 10-K Smanda. Sebelumnya, digelar donor darah massal dan berbagai lomba, yakni lomba olahraga, olimpiade sekolah, band pelajar, poster, mata pelajaran (mapel), menghias tumpeng, debat, PBB variasi, menyanyi, kebersihan kelas, hafalan Al Quran, film pendek, kaligrafi, Pramuka, dan bazar.

(Bambang Purnomo /SMNetwork /CN19 )