image

KERJA BAKTI: Para personel TNI dari Koramil-21 Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri, bersama pamong desa dan masyarakat, melakukan kerja bakti massal, untuk membantu menyingkiran material longsoran di Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. (Foto suaramerdeka.com/Bambang Purnomo)

13 Januari 2018 | 12:44 WIB | Solo Metro

Pohon Asam Tua Tumbang Merusak Pagar Vihara

WONOGIRI, suaramerdeka.com- Tidak ada hujan tidak ada angin, secara tiba-tiba pohon asam tua tumbang. Lokasinya di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono (40 Kilometer timur Kota Wonogiri). Tubangnya pohon asam yang telah berumur ratusan tahun ini, menyebabkan pagar vihara rusak.

Pohon asam tua setinggi sekitar 20 Meter tersebut, tumbang menghancurkan pagar Vihara Dharma Suta Virya di Dusun Tanduran RT 7/RW 3, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Kerusakan pagar tempat ibadah umat Budha ini, memanjang sekitar 15 Meter. Juga menyebabkan sebuah tiang listrik miring, dan jaringan kawat listriknya terputus, serta menyebabkan aliran listrik padam.

Untuk membantu menyingkirkan pohon yang tumbang tersebut, Pelda Suyata dari Koramil Jatisrono bersama Aiptu Supriyanto dan Bripka Romi dari Polsek setempat, tampil memprakarsai kerja bakti gotong royong warga masyarakat dan pamog desa, untuk menyingkirkan pohon yang tumbang. Bersamaan itu, juga melaporkan ke Kantor PLN untuk segera melakukan penyambungan kawat listrik yang putus, agar listriknya nyala kembali. 

Dari Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, Sabtu (13/1), dilaporkan, Danramil-21 Bulukerto Kapten (Cba) Suparna, bersama personel Polsek dan aparat kecamatan serta pamong desa dan warga masyarakat, gotong royong kerja bakti membersihkan material longsoran di lokasi bencana tanah longsir Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. 

Untuk megantisipasi ancaman bencana longsor susulan, Bhabinkamtibmas Bripka Hanan Hanafi dan Briptu Joko Nugroho dari Polsek Bulukerto, peduli memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada warga untuk waspada terhadap bencana. Hal ini disampaikan, bersamaan dengan patroli sambang desa, dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di Desa Nguneng, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri.

Berkaitan dengan hujan yang belakangan turun deras, terlebih di malam hari, tidak menutup kemungkinanna dapat memicu terjadinya bencana lonsgor susulan. Karena itu, kepada warga masyarakat yang bermukim di lereng gunung dan perbukitan, diseru untuk meningkatkan kewaspadaannya. Hal ini penting dilakukan, sebagai upaya cegah dini guna menghindari kemungkinan jatuhnya korban.

(Bambang Purnomo /SMNetwork /CN19 )

NEWS TERKINI