image

foto ilustrasi: istimewa

13 Januari 2018 | 22:20 WIB | Suara Kedu

Edarkan 16 Gram Sabu, Residivis Kembali Dibui

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com- Baru satu bulan menghirup udara bebas, Agung Prabowo (41) alias Paing harus kembali meringkuk di balik jeruji bui. Warga Dogaten, Mertoyudan, Magelang itu berurusan lagi dengan aparat kepolisian masih dalam kasus yang sama, yakni penyalahgunaan narkoba.

Kali ini, Paing ditangkap dengan barang bukti sekitar 16 gram sabu. "Tersangka diamankan saat menjelang perayaan tahun baru lalu. Enam paket sabu dibungkus plastik klip sabu seberat 15,76 gram, dan satu paket sabu seberat 1,01 gram," kata Kasat Narkoba, AKP Tony Priyanto, Sabtu (13/1).

Pelaku mengaku hanya mengedarkan barang haram itu di wilayah Magelang. Namun dari informasi yang dihimpun petugas, sabu tersebut dipasarkan hingga luar daerah termasuk DIY. Sabu itu dijual seharga Rp 1.050.000,-/gram, dan dibeli dari pemasok asal Pekalongan dengan harga Rp 900.000,-.

Paing mengaku mengenal pemasok sabu itu saat mendekam di dalam Lapas Magelang. Sebelumnya, tersangka sudah dua kali merasakan dinginnya jeruji besi. "Kami kejar tersangka sampai daerah Jawa Tengah karena infonya banyak barang (sabu) yang berasal dari wilayah itu," ungkap Tony.

Berdasar penuturan tersangka, selama ini dia tidak kenal dengan pembeli, karena dihubungkan oleh operator. Setelah dikabari ada pesanan, barang tersebut kemudian diletakkan di suatu tempat. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 114 dan 112 UU RI Nomer 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 

(Amelia Hapsari /SMNetwork /CN40 )

NEWS TERKINI