image

Foto: Istimewa

14 Januari 2018 | 07:17 WIB | Mancanegara

Korsel dan Korut Siap Berunding

SEOUL, suaramerdek.com- Korea Selatan dan Korea Utara telah sepakat menggelar perundingan pada Senin (15/1). Pertemuan ini akan dipimpin oleh Menteri Unifikasi Cho Myung-Kyun. Perundingan akan digelar di Pavilion Tongil di wilayah Korea Utara, dekat desa gencaan senjata Panmunjom.

Dilansir dariReuters, perbincangan perundingan itu akan membahas prospek Korea Utara mengirim kelompok pertunjukan seni ke Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan. Kementerian Unifikasi mengatakan, Korea Utara telah megusulkan untuk mengadakan pembicaraan pada 15 Januari mengenai masalah tersebut.

"Selain itu, kementerian tersebut juga meminta tanggapan cepat atas usulan Korea Selatan pada 12 Januari untuk melakukan perundingan tingkat kerja mengenai partisipasi Utara di Olimpiade musim dingin Pyongchang," kata Kementerian Unifikasi dalam keterangan resminya seperti dilansirReuters, Minggu (14/1/).

Pejabat Korea Utara dan Selatan pada pekan ini telah sepakat mengadakan negosiasi untuk menyelesaikan masalah dan mencegah konflik yang tidak disengaja. Hal ini dilakukan setelah terjadi ketegangan selama dua tahun atas program senjata Korea Utara.

Tak hanya itu, untuk memperkuat kerjasama, akan dibentuk tim hoki wanita gabungan antara Korea Utara dengan Korea Selatan. Pejabat Komite Olimpiade Internasional Korea Utara (IOC) mempertimbangkan usulan tersebut. Kedua belah pihak akan membicarakan masalah itu pada 20 Januari.

Tak hanya di bidang olahraga, dalam sebuah pernyataan bersama setelah 11 jam perundingan pada Selasa (9/1), Korea Utara dan Selatan telah sepakat akan mengadakan perundingan antar militer. Korea Utara akan mengirim delegasi besar ke Olimpiade Musim Dingin bulan depan. 

(DTC /Red /CN39 )

NEWS TERKINI