image

Foto: suaramerdeka.com/Bayu Setiawan

14 Januari 2018 | 13:25 WIB | Pilkada Serentak

Tiga Parpol di Brebes Belum Penuhi Syarat Keanggotaan

BREBES,suaramerdeka.com- Tiga Partai Politik (parpol) baru yang mendaftar sebagai peserta Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang, di Kabupaten Brebes dinyatakan masih belum memenuhi syarat jumlah keanggotaannya. Hal itu diketahui saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes secara resmi menyampaikan hasil verifikasi faktual kepada pengurus parpol, kemarin.

Ketua KPU Brebes, M Reza Pahlevi mengungkapkan, ketiga parpol yang masih belum memenuhi syarat jumlah keanggotaan itu adalah Partai Berkaya, Partai Garuda Partai Perindo. Dari hasil verifikasi faktual, untuk Partai Berkarya dari jumlah sempling anggota yang diverifikasi faktual sebanyak 103 orang, hanya 10 anggota yang diketahui memenuhi syarat. Sedangkan untuk Partai Garuda dari jumlah sepling anggota sebanyak 148 orang yang memenuhi syarat hanya sebanyak 7 anggota. Kemudian, Partai Perindo hanya 4 anggota yang memenuhi syarat dari sebanyak 110 sempling anggota parpol yang diverifikasi. "Kami dalam verifikasi faktual keanggotaan parpol ini menggunakan metode sempling. Dari jumlah total anggota yang didaftarkan ke KPU diambil 10 persen," jelasnya.

Meski belum memenuhi syarat jumlah keanggotaannya, lanjut dia, ketiga partai itu dari hasil verifikasi faktual diketahui telah memenuhi syarat secara kepengurusan, keterwakilan 30 persen perempuan, dan domisili kantor tetap."Keputusan ini sesuai hasil pleno KPU Brebes yang telah kami laksankan," tandasnya.

Menurut dia, tiga parpol yang belum memenuhi syarat jumlah anggota itu, masih diberi kesempatan untuk memperbaiki hasil verifikasi faktual tersebut. Para pengurus parpol diberi waktu permaikan mulai 13 - 26 Januari 2018. Namun ketika diperbaiki dan masih belum memenuhi syarat, berkas akan dilaporkan ke KPU pusat, yang selanjutnya keputusan menjadi kewenangan KPU pusat. "Masih kami beri kesempatan untuk diperbaiki mulai 13-26 Januari mendatang," sambungnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, penyampaian hasil verifikasi faktual kepada parpol merupakan sebuah kewajiban KPU berdasarkan Keputusan KPU RI No 233/PL.01.1-Kpt/03/KPU/XII/2012 Tentang Pelaksanaan Putusan Bawaslu RI No 001/PS.REG/BAWASLU/XII/2017 dan No 002/PS.REG/BAWASLU/XII/2017. "Untuk itu, kami sampaikan hasilnya termasuk dengan dihadiri Panwaslu," pungkasnya.

Ketua Partai Berkarya Kabupaten Brebes, Kustoro WHY mengaku, optimistis partainya bisa memenuhi  syarat keanggotaan tersebut. Bahkan, saat ini para pengurus sedang melakukan proses perbaikan berkas. "Kami yakin bisa terpenuhi syarat ini. Sekarang kami juga sedang melakukan perbaikan," katanya saat dihubungi melalui telepon, Minggu (14/1).

(Bayu Setiawan /SMNetwork /CN38 )

NEWS TERKINI