image

ROAD TO SCHOOL: Salah satu rangkaian UI Goes To Kebumen ialah roadshow ke-25 SMA/SMK/MA sederajat di Kebumen untuk menyampaikan informasi tentang dunia kampus, khususnya Universitas Indonesia. (SM/Supriyanto)

24 Januari 2018 | 02:24 WIB | Suara Kedu

Perhimak Gelar "UI Goes To Kebumen XIV"

KEBUMEN, suaramerdeka.com- Perhimpunan Mahasiswa Kebumen Universitas Indonesia (Perhimak UI) menggelar UI Goes To Kebumen (GTK) XIV. Berbagai acara dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang mengusung tema "Start Your Step Fly High With Your Dream" tersebut.

Panitia Media Patner UI GTK XIV Mukhtar Hadi menjelaskan, rangkaian UI Goes to Kebumen XIV meliputi road to school, talkshow, bedah kampus, seminar orang tua, hingga  kelas inspiratif online. Road to school merupakan roadshow ke-25 SMA/SMK/MA sederajat di Kebumen yang dilaksanakan mulai 2-19 Januari 2018. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang dunia kampus, khususnya Universitas Indonesia. Selain itu memberikan motivasi kepada para siswa-siswi agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi," kata Mukhtar Hadi kepada Suara Merdeka, Selasa (23/1).

Bedah kampus merupakan penyampaian informasi lebih lanjut mengenai perguruan tinggi khususnya dibahas mendalam mengenai Universitas Indonesia. Selain itu dilakukan juga talkshow yang ditujukan untuk memotivasi siswa agar dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan. Bedah kampus akan dilaksanakan di Gedung Juang Minggu (28/1) pukul 08.00-15.00. 

Kemudian seminar orang tua akan dilaksanakan di Ballroom Mexolie Kebumen Minggu (28/1) 08.00-10.00. Seminar bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua mengenai dunia kampus, khususnya dari segi biaya. Sedangkan kelas inspiratif online berupa kelas inspiratif di dalam grup Whatsapp yang dimulai dari seminggu setelah acara puncak bedah kampus sampai akhir Februari 2018.

Kelas inspiratif bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan lebih lanjut kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Kebumen terkait persiapan untuk memasuki dunia perkuliahan. "Diharapkan dengan adanya kelas inspiratif online ini, para siswa dapat menjadi lebih siap dalam menghadapi perkuliahan," katanya.

Lebih lanjut, Mukhtar Hadi menambahkan, UI Goes to Kebumen merupakan salah satu program kerja yang Perhimak UI. Perhimak UI merupakan paguyuban beranggotakan mahasiswa Kebumen yang berkuliah di UI. UI Goes to Kebumen hadir dengan tujuan memberikan informasi dan motivasi kepada siswa/siswi SMA/SMK/MA sederajat di Kebumen mengenai pentingnya kuliah.

Bukan hanya kepada siswa/siswi saja, rangkaian acara UI Goes to Kebumen juga memberikan pemahaman tentang dunia kampus kepada para orang tua melalui seminar orang tua. Sehingga para orang tua nantinya dapat memotivasi dan membantu putra-putrinya melanjutkan pendidikan tinggi.

"Tahun ini merupakan tahun ke-14 UI Goes to Kebumen hadir di Kebumen. Artinya sudah tiga belas tahun berturut-turut event ini terlaksana dengan sukses," katanya.

Terkait tema "Start Your Step Fly High With Your Dream" yang diusung, Mukhtar Hadi menjelaskan, tema itu dipilih sebagai representasi bahwa hendaknya para siswa berani untuk bermimpi tinggi dengan terlebih dahulu memulai langkah. Berkuliah di UI bisa jadi merupakan mimpi tinggi yang akan mengantarkan mimpi-mimpi tinggi selanjutnya. 

"Namun mimpi itu membutuhkan aksi dengan mengenali dan membulatkan tekad untuk berjuang meraih mimpi. Oleh karena itu, serangkaian acara UI GTK XIV bermaksud membantu para siswa untuk segera memulai langkahnya,lebih mengenal tentang dunia perkuliahan yang sesungguhnya, dan pada akhirnya berani untuk berjuang meraih mimpinya," tandasnya. 

(Supriyanto /SMNetwork /CN34 )