image

Bupati Batang, Wihaji, saat memberikan kata sambutan dalam acara Bimtek SPAN PTKIN. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

13 Februari 2018 | 23:06 WIB | Suara Pantura

IPM di Batang Masih Rendah

BATANG, suaramerdeka.com– Bupati Batang Wihaji membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Kegiatan Bimtek tersebut diselenggarakan oleh Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga bekerja sama dengan Pemkab Batang dan Kantor Kementerian Agama setempat, di Gedung Pramuka, Selasa (13/2). Acara dihadiri para Kepala Instansi terkait serta 80 peserta dari SMA/MA Kabupaten Batang, Kendal, Pekalongan dan Pemalang.

Bupati Batang dalam kata sambutannya mengungkapkan, salah satu ukuran pembangunan adalah Indek Pembangunan Manusia (IPM), salah satunya adalah pendidikan. “Untuk Kabupaten Batang sendiri tingkat IPM nya masih rendah, terutama di tingkat pendidikan. Masih banyak problem yang belum (bisa) sekolah, khususnya di pantura, dan tingkat pendidikan untuk melanjutkan perguruan tinggi juga masih rendah,” kata Bupati.

Dengan terselenggaranya Bimtek, Bupati berharap agar bisa mendorong masyarakat Batang untuk melanjutkan pendidikannya. “Karena hal ini merupakan bagian dari semangat kita, khususnya Pemkab Batang, bagaimana mendorong agar masyarakat Kabupaten Batang untuk (bisa) melanjutkan pendidikannya. Oleh karena itu, saya menghimbau khusususnya kepada para Kepala Sekolah agar memberikan dorongan kepada murid-muridnya untuk melanjutkan pendidikan,” pinta Wihaji.

Lebih lanjut dikatakan, Pemkab Batang akan memberikan beasiswa kepada siswa-siswi yang berprestasi. “Kami selaku Kepala Daerah juga akan memberikan beasiswa kepada murid berprestasi karena ini bagian dari komitmen bagaimana menaikkan IPM di Kabupaten Batang,” sebut Bupati.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, Kudaifah menambahkan, IAIN Salatiga menurutnya, mengalami perubahan yang sangat signifikan. Seperti adanya kampus terpadu yang mampu menghasilkan alumni-alumni berkualitas. “Harapan kami dalam forum bimtek ini betul-betul dapat bersinergi dalam rangka memikirkan generasi penerus kita, anak-anak didik kita, salah satu nilai positif agar menjadi generasi penerus yang betul-betul pintar, mumpuni dan berakhlakulkarimah,” ujar Kudaifah. 

(Kasirin Umar /SMNetwork /CN40 )