image

foto: Istimewa

14 Februari 2018 | 01:19 WIB | Semarang Metro

Undip Tengah Kembangkan Black Box Bus

BANDUNG, suaramerdeka.com- Kemenhub dan KNKT berkerja sama dengan Undip tengah mengembangkan black box yang bakal dipasang pada bus AKAP/AKDP. Alat tersebut saat ini menjalani ujicoba.

Pengujian dilakukan dengan memasang perangkat tersebut pada truk pengangkut limbah B3, tanki, dan gas yang beroperasi di kawasan Jabodetabek.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua KNKT, Haryo Satmiko di sela-sela evaluasi atas pembahasan kecelakaan Tanjakan Emen, Subang yang dihadiri PO di Kantor Dishub Jabar Jalan Sukabumi, Bandung, Selasa (13/2).

"Digagas pada akhir 2015. Sejak 2017, kita lakukan ujicoba aplikasinya, dan rencananya pekan ini kita akan gelar evaluasinya untuk memastikan keandalannnya," tandasnya.

Dijelaskan, black box tersebut bakal merekam 9 parameter. Di antaranya menitikberatkan pada perilaku pengemudi, laju kecepatan bus, sistem pengerema, dan rekaman selama perjalanan.

Perangkat itu memuat pula kamera yang menyorot ke sopir, kabin, kamera depan, samping, dan belakang. "Sopir mengantuk akan ketahuan. Jadi pokoknya nantinya akan kaya data, dan sangat membantu mengungkap kecelakaan," tandasnya.

Kapan alat tersebut bisa dioperasionalkan, Haryo menyebut sangat tergantung hasil evaluasi. Pasalnya, pihaknya ingin kinerja black box itu benar-benar prima sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari kelengkapan operasional bus.

"Tahun ini sepertinya belum bisa, karena akan kita terus uji alatnya. Sampai betul-betul memenuhi standar. Lagi pula ketika diproduksi massal ini membutuhkan pabrikasi, dan itu bukan porsi Undip lagi," katanya.

(Setiady Dwi /SMNetwork /CN34 )