image

Foto: istimewa

17 April 2018 | 07:36 WIB | Pilkada Serentak

Ridwan Kamil Minta Pedagang Manfaatkan Dunia Maya

BANDUNG, suaramerdeka.com- Cagub Jabar, Ridwan Kamil meminta pedagang pasar mulai belajar mengaplikasikan perdagangan di dunia maya agar mampu bersaing dalam iklim ekonomi saat ini. 

Hal tersebut disampaikan pria yang akrab disapa Kang Emil itu saat mendengar keluhan dari pedagang Pasar Kebon Kembang Kota Bogor yang mengaku dalam setahun mengalami penurunan daya beli seperti diterima dalam keterangan. “Banyak pembeli lebih memilih layanan (jual beli) online. Saran saya ya ada dua, di pasarnya tetap, di online-nya ada. Sekarang mah modelnya harus seperti itu,” ujarnya.

Ditambahkan Walikota Bandung non aktif itu, pembeli sekarang ada dua tipe. Para pedagang, imbuhnya, harus mampu membaca dan menyiasati cara agar dua tipe pembeli ini tetap dapat dijangkau. 

“Daya beli ini memang jadi masalah umum, kita doakan pemerintah pusat punya cara-cara karena ini masalah nasional. Harus mau berubah, ada yang mau datang ada yang malas datang. Semua harus dibuat nyaman,” tegasbya.

Dia tak menampik jika pasar adalah memiliki peran penting karena merupakan tempat berkumpulnya masyarakat sekaligus sebagai mesin ekonomi. Oleh karena itu untuk menarik minat masyarakat, pasar offline tetap harus nyaman, tidak jorok, dan lancar.

(Setiady Dwi /SMNetwork /CN26 )