image

Foto: suaramerdeka.com / dok

17 April 2018 | 09:24 WIB | Semarang Metro

Perwosi Kampanyekan Olahraga Sejak Usia Dini

SEMARANG, suaramerdeka.com- Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kota Semarang mengampayekan gemar berolahraga kepada anak sejak dini, lewat lomba Senam Bugar Anak Indonesia (SBAI) yang diselenggarakan di halaman PT Telkom Semarang di kawsan Jalan Pahlawan, akhir pekan lalu.

Ketua Perwosi, Sri Lestari Sudiro mengatakan pada saat ini penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan jantung koroner, tidak lagi diderita orang-orang yang sudah lanjut usia saja. Namun juga sudah mulai dialami anak-anak muda di usia produktif.  Hal ini dipandang karena anak-anak muda saat ini kebanyakan tidak menghiraukan imbauan untuk melakukan olahraga minimal seminggu satu hingga tiga kali.

"Lewat lomba SBAI ini kami harap, kegiatan olahraga bisa digemari anak-anak sejak tingkat sekolah dasar. Selain gerakannya yang cukup mudah juga membuat tubuh generasi muda ini sehat dengan melakukan olahraga minimal sepekan sekali. Dengan begitu harapannya olahraga menjadi budaya yang mereka bawa hingga dewasa. Ini wujud Perwosi peduli untuk memasyarakatkan olahraga dan peduli kesehatan," ungkap Sri Lestari yang juga Ketua Yayasan Jantung Indonesia itu.

Para pemenang dalam lomba SBAI ini juga akan dikirim untuk mengikuti Jambore Daerah Keempat di Donohudan, pada Oktober mendatang. Katagori yang dilombakan dari SD, SMP, umum dan perorangan.

Sri Lestari menambahkan selain mengampanyekan gemar berolahraga pada anak, kegiatan yang dilakukan Perwosi ini untuk memperingati Hari Kesehatan Sedunia. Mereka menggandeng beberapa institusi seperti PT Telkom yang memberi ruang berkegiatan, KONI Kota Semarang dan Tropicana Slim. Sekitar 800-an peserta mengikuti kegiatan tersebut.

"Antusias masyarakat juga beberapa organisasi dan klub-klub jantung sehat sangat kami apresiasi dalam acara kemarin. Selain memberi contoh kepada anak-anak usia dini dan mengikuti lomba, acara kemarin menjadi ajang reuni antar klub jantung sehat se-Provinsi Jawa Tengah," tandas Sri Lestari.
 

(M Alfi Makhsun /SMNetwork /CN26 )