image

Foto: Patrick Hertzog / AFP / Getty Images

14 Februari 2018 | 09:00 WIB | Liga Champions-Europa

Guardiola: Man City Punya Bekal Mantap ke Perempat Final

  • Ilkay Guendogan Dipuji

BASEL, suaramerdeka.com- Kemenangan telak 4-0 Manchester City di kandang Basel, membuat senang sang manajer, Pep Guardiola. Diakui Guardiola, kemenangan telak Manchester City atas Basel sebagai hasil menakjubkan dan kini timnya dalam posisi bagus dan punya bekal mantap untuk menuju leg kedua.

"Empat kosong di kandang lawan. Ini adalah hasil menakjubkan, tapi Liga Champions berlangsung selama 180 menit. Kami hampir sampai di perempat final. Saya tak bilang ini sudah selesai, tapi kami meraih hasil menakjubkan,"  tutur mantan pelatih Barcelona itu, di situs resmi klubnya.

Dalam laga di St. Jakob Park, Rabu (14/2) dinihari WIB, City tampil trengginas sejak awal dan menang empat gol tanpa balas via dwigol Ilkay Guendogan, lalu ditambah dua gol lain dari Bernardo Silva serta Sergio Aguero.

Kemenangan telak ini menempatkan satu kaki City di babak perempatfinal. City akan gantian jadi tuan rumah di leg kedua pada 7 Maret mendatang. Sebaliknya, Basel butuh keajaiban untuk membalikkan keadaan. Klub Swiss itu wajib menang dengan selisih minimal lima gol di Etihad Stadium untuk lolos.

"Pengalaman saya di babak 16 besar Liga Champions adalah pertarungan baru berakhir setelah leg kedua. Tentu saja, kami akan fokus melawan Basel di Etihad, tapi karena Arsenal dan Chelsea sudah menanti, kami juga akan fokus ke sana. Jika kami mampu lolos ke perempatfinal, itu lebih baik dibandingkan musim lalu," kata Guardiola.

Di sisi lain, penampilan cemerlang Guendogan mengundang pujian dari Guardiola yang menyebutnya sebagai pemain spesial. "Guendogan adalah pemain luar biasa. Musim lalu dia absen lama dan kami merindukannya. Tidak hanya tentang gol, tapi karakternya, dia fantastis. Saya turut merasa senang untuknya," ujar Guardiola di situs resmi Man City.

Guendogan sendiri mencetak gol pertama tim di menit ke-14 lewat tandukan menyambut sepak pojok, sementara gol keduanya dicetak di menit ke-53 dengan tendangan terukur. Selain itu, pemain Jerman berusia 27 tahun itu juga jadi sosok paling menonjol di lapangan dan mendapat nilai sempurna, 10 dari Whoscored.

Selama 90 menit, eks pemain Borussia Dortmund itu mencatatkan 82 persen umpan sukses, empat tembakan tepat target dari empat percobaan, enam tekel sukses dari tujuh upaya, dan tak sekalipun kehilangan bola dari kakinya. Sepanjang musim ini Guendogan melewati 16 laga sebagai pemain pengganti, dari 32 pertandingan yang dijalaninya. Hal ini memperlihatkan bahwa tak mudah baginya tampil reguler sebagai pilihan utama.

(Andika Primasiwi /DS /CN26 )