image

Foto: Dimitar Dilkoff / AFP / Getty Images

17 April 2018 | 09:30 WIB | Dunia

Lippi Sebut Sepak Bola Italia Tak Alami Krisis

ROMA, suaramerdeka.com- Marcelo Lippi menegaskan jika  sepak bola Italia tidak sedang mengalami krisis meski secara mengejutkan gagal maju ke putaran final Piala Dunia 2018. Kekalahan agregat 0-1 melawan Swedia dalam pertandingan playoff penentuan pada November 2017 membuat Gli Azzurri gagal lolos ke Rusia.

"Italia memiliki dua tahun yang spektakuler di grup bersama Spanyol. Kemudian mereka jeda 20 hari kemudian kalah dari Swedia. Itu yang terjadi dan sepakbola Italia tidak sedang krisis," kata Lippi yang pernah membawa Italia menjuarai Piala Dunia 2006, kepada  Premium Sportdikutip  Football Italia.

Ini adalah kegagalan pertama bagi Italia yang sebelumnya tak pernah absen berpartisipasi sejak 1962. Meski begitu, performa Italia memang tak cukup bagus sejak berlaga di fase grup.  Italia cuma menang tipis 1-0 atas tim-tim lemah seperti Israel dan Albania bahkan diimbangi Makedonia 1-1, sehingga harus puas finis kedua di bawah Spanyol 

Dengan performa tersebut, amat wajar jika Italia kini dianggap sedang mengalami kemunduran. Namun, Lippi tidak sepakat. "Kami bisa menatap masa depan dengan kepercayaan diri, karena banyak pemain muda bagus di sini," lanjut dia.

Pandangan Lippi diperkuat dengan klub-klub Italia yaitu Juventus dan AS Roma di Liga Champions. Bianconeri nyaris comeback di perempat final melawan Real Madrid meski pada akhirnya gagal lolos. Sedangkan, Roma akan berhadapan dengan Liverpool di semifinal setelah comeback sensasional melawan Barcelona.

"Tim Italia bisa melakukan apapun. Tidak ada perbedaan yang besar. Tak ada yang menyangka Roma dan Juventus bisa melakukan sesuatu melawan Barcelona dan Madrid. Mereka memperlihatkan sesuatu dengan sedikit keberuntungan di kompetisi itu," jelas Lippi. 

(Andika Primasiwi /DS /CN26 )