image

SM/dok - RIANG GEMBIRA: Anak-anak Kelompok B Toddler-KB Islam Al Azhar 22 Kalibanteng berfoto bersama guru pendamping dengan latar belakang pesawat terbang di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang.(58)

14 Januari 2018 | Yunior

Anak-Anak KB Islam Al Azhar 22 Belajar tentang Profesi Polisi

PADAterm kedua semester pertama Tahun Pelajaran 2017/2018 ini, Kelompok Toddler-Kelompok Bermain (KB) Islam Al Azhar 22 Kalibanteng Semarang belajar mengenai Tema Profesi Polisi. Sebagai puncak tema, anak-anak dari Kelompok B tersebut mengadakan kunjungan ke Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang.

Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol). Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan, dan pengasuhan. Akademi Kepolisian Semarang juga tergabung sebagai anggota International Association of Police Academies (INTERPA) dari 36 negara anggota lainnya. Dalam kunjungan ke Kampus Akpol Semarang ini diikuti semua anak dari Kelompok B yang berjumlah 50 anak. Kegiatan yang dilaksanakan baru-baru ini diawali dengan ikrar, dilanjutkan sambutan oleh Ibu Kepala KB Islam Al Azhar 22 Semarang, Sri Susilowati, dan doa bersama.

Sesampainya di Akpol Semarang, anak-anak disambut oleh Tim dari Kermadian Akpol. Acara dilanjutkan dengan pemberian suvenir dari Kelompok Bermain (KB) Islam Al Azhar 22 Semarang kepada Perwakilan Akpol Semarang. Setelah itu, anak-anak diajak belajar untuk mengenal profesi Polisi, alatalat yang digunakan Polisi, kemudian menaiki motor dan mobil Polisi.

Senam Bersama

Selain itu, anak-anak juga melakukan senam bersama Pak Polisi, melihat para Taruna Akpol melakukan baris berbaris, melihat latihan menembak Polisi dan memberi makan rusa yang dipelihara para taruna Akpol Semarang. Anak-anak juga diajak untuk membuka dan menutup borgol.

‘’Alhamdulillah, ketika dilaksanakan kegiatan ini, cuaca sangat mendukung dan bersahabat. Udara tidak panas dan semilir angin juga membuat pembelajaran di Akpol menjadi nyaman. Anak-anak begitu bersemangat mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir acara.’’ujar Sri Susilowati, Kepala KB Islam Al Azhar 22 Kalibanteng, Semarang.

Pada akhir acara tersebut, Sri Susilowati menyampaikan terima kasih kepada Tim Kermadian Akpol dan Gubernur Akpol Semarang atas bantuannya dan bimbingannya dalam kegiatan puncak tema ini. Semoga menjadi amal soleh ibu dan bapak. Semoga kegiatan ini juga menjadi pengalaman berkesan bagi anak-anak kelompok Toddler dan KB Islam Al Azhar 22 Kalibanteng, Semarang.(Arwan-58)

SMCETAK TERKINI