14 Januari 2018 | Olahraga

LAGA BERAT

MANCHESTER- Kampanye Manchester City meraih titel juara Liga Primer Inggris musim ini mendapatkan ujian dari Liverpool. Kedua tim akan bentrok dalam lanjutan Liga Primer yang mentas di Anfield, Minggu (14/1). Manajer City Pep Guardiola pun menyebut lawatan ke Anfield sebagai laga berat.

Rapor City saat bertandang ke ke Anfield terbilang buruk. Sejak era Premier League baru satu kali The Citizens bisa meraih kemenangan di markas Liverpool itu, yakni pada Mei 2003 (2-1). Dalam lawatan terakhir City ke Anfield, pada Desember 2016, City pulang tertunduk dengan skor 0-1. ”Kami tahu seberapa beratnya melawat ke Anfield, tapi semoga kami bisa unjuk gigi.

Saya cuma mau para pemain saya memperlihatkan hal tersebut dalam pertandingan,” kata Pep seperti dikutip Sky Sports. Manajer berpaspor Spanyol tersebut tak segan memuji Klopp yang pernah mejadi rivalnya semasa sama-sama melatih di Jerman. ”Kami cukup akur, saya dulu bertemu dengannya di Jerman dan punya respek besar terhadap dirinya. (Saya) selalu (mengagumi timnya Klopp bermain) semenjak ia masih di Dortmund dan saya amat menghargai pendekatannya terhadap pertandingan,” ucapnya.

Liverpool juga dianggap Guardiola sebagai salah satu tim yang terlibat dalam persaingan berebut gelar juara Premier League saat ini, kendatipun City kini memuncaki klasemen dengan keunggulan 18 poin atas The Reds yang berada di peringkat keempat.

Pertandingan Rumit

Untuk memutus tren buruk selama 15 tahun tersebut, Manchester Biru berharap penampilan prima Sergio Aguero. Pemain Argentina tersebut memiliki catatan yang cukup oke saat melawan Liverpool. Aguero sudah sebelas kali menghadapi Liverpool di Premier League dengan mencetak enam gol. Namun, tak ada satu pun gol yang dia buat di Anfield. Tapi, Guardiola tak memedulikan rekor buruk timnya.

Dia pun mendukung Aguero untuk mengakhiri puasa kemenangan City di markas Liverpool. ”Terakhir kali 15 tahun yang lalu. Itu menunjukkan betapa rumitnya bermain di sana,” tambahnya.

”Rekor ada untuk dipecahkan dan mungkin pada hari Minggu Sergio akan memecahkan rekor itu,” ujar Guardiola. Laga di Anfield akan menjadi pertemuan kedua Liverpool dan City musim ini setelah kemenangan 5-0 The Citizens di Etihad September lalu. Liverpool tentu berambisi untuk membalas kekalahan memalukan tersebut. Selepas Philippe Coutinho yang hengkang ke Barcelona, The Reds masih memiliki barisan depan yang mumpuni dengan adanya Roberto Firmino, dan Sadio Mane.

The Kop juga mendapat kabar gembira menyusul kondisi Mohamed Salah yang sudah fit seratus persen. Salah dipastikan main lawan Manchester City. Salah absen di dua laga terakhir Liverpool yakni saat mengalahkan Burnley dan Everton di Premier League serta Piala FA. Cedera pangkal paha yang didapat saat menghadapi Leicester City jadi alasannya.

Kehadiran Salah tentu sangat diharapkan Klopp mengingat dia sudah bikin 23 gol musim ini dan jadi top skorer sementara klub. Apalagi dua pemain andalan lainnya, Jordan Henderson dan Alberto Moreno, kemungkinan masih absen.(rtr,H54-64)

Berita Lainnya