16 Maret 2018 | Suara Banyumas

105 Guru Belum Lulus PLPG

PURWOKERTO- Sebagian guru di Kabupaten Banyumas belum lulus program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Dinas Pendidikan mencatat ada 105 guru yang dinyatakan belum lulus PLPG tahun lalu, sehingga belum menerima sertifikat sebagai pendidik yang memiliki kompetensi.

Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (PGTK) Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Edy Rahardjo, mengatakan, jumlah guru yang lulus PLPG tahun lalu 268 orang. Namun jumlah guru yang belum lulus juga banyak, yakni 105 orang. ''Mereka yang dinyatakan belum lulus masih diberi kesempatan untuk mengikuti UTN (ujian tulis ulang) yang kedua. Kalau masih tidak lulus lagi, mereka diberi kesempatan sampai UTN yang ketiga dan keempat,'' jelas dia.

Ikuti Program PPG

Apabila sampai ujian tulis ulang yang keempat ternyata mereka masih belum lulus juga, maka mau tidak mau harus mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pelaksanaan dari program ini dinilai lebih berat dibandingkan dengan PLPG. Menurutnya, waktu pelaksanaan PPG lebih lama dibandingkan dengan PLPG. Kegiatan PPG berlangsung selama lima bulan.

Kondisi ini menuntut para guru yang akan mengikuti kegiatan itu terpaksa harus banyak meninggalkan tugas utamanya sebagai pendidik di sekolah. Selain itu, lokasi perguruan tinggi yang menyelenggarakan program PPG ada di manamana.

Ada yang dekat dengan tempat tinggal guru atau tempat tugas guru, tetapi ada pula yang jauh, bahkan tidak tertutup kemungkinan di luar Pulau Jawa, tergantung pada mata pelajaran (mapel) yang diampu guru. Selama mengikuti kegiatan PPG, lanjut dia, selama dua bulan di antaranya digunakan untuk mengikuti kegiatan di perguruan tinggi yang ditunjuk menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Adapun perguruan tinggi yang menjadi LPTK harus terakreditasi A dan berada di luar Kabupaten Banyumas. Edy menambahkan, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti PPG sekitar Rp 7,5 juta. Jumlah itu belum termasuk untuk biaya hidup selama mengikuti kegiatan tersebut di luar kota, seperti biaya tempat tinggal, makan, dan keperluan pribadi lain.(H48-46)

SMCETAK TERKINI