image

SM/dok : Romanza Wedding Consultant & Event Organizer : Royal Event Organizer : Mahkota Enterprise : Ricky EO

01 April 2018 | Ikapesta

Menyempurnakan Pesta dengan Event Organizer

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Sudah menjadi hal umum bahwa pelaksanaan sebuah pesta membutuhkan ekstra tenaga dan pikiran. Terutama pesta pernikahan yang diharapkan terjadi sekali seumur hidup tentu akan membutuhkan persiapan yang rumit.

Event Organizer hadir untuk membantu menyusun, mengorganisasikan, dan mewujudkan sebuah pesta impian. Empat Event Organizer (EO) di Jawa Tengah ini siap berbagi kiat mengabulkan pesta sempurna. Indra Suryajaya, direktur dari Mahkota Enterprise yang sudah berpengalaman sejak 1992 dan beralamat di Plasa Mataram E10 Semarang ini menuturkan, EO adalah jantung di dalam sebuah acara. “EO yang profesional adalah jantung sebuah acara yang mengorganisasi, mengontrol, memastikan, dan memadukan seluruh vendor yang terlibat untuk menciptakan acara yang sukses dan lancar. Tanpa EO profesional, sebuah acara tak akan berjalan sukses,” tutur Indra yang telah menangani 2000 event di Jawa Tengah, Jakarta, Surabaya, Bali, dan Kalimantan ini.

Pemilik akun instagram @Mahkotaenterprise yang berpengalaman mengoordinasikan acara pernikahan, gathering, launching, grand opening, pergelaran, dan expo ini menekankan betapa penting peran EO. “Pilihlah EO yang profesional dan berpengalaman. Terutama untuk acara pernikahan yang seumur hidup hanya berlangsung satu kali. Biaya EO yang kurang dari 5?pat mengamankan 95% biaya lainnya,” ujar Indra yang pernah meraih tujuh rekor MURI dan memiliki tujuh divisi ini.

Bima R Saputra, pemilik dari Royal Event Organizer yang berada di Taman Oleander B2 No 1 Graha Padma Semarang sejak 2001 ini mengatakan, EO adalah penghubung vendor dan pengada pesta. “EO berperan sebagai sentral atau pusat yang menghubungkan antara klien dengan vendor-vendor yang digunakan. Jika tidak ada EO, sebuah acara tidak akan terorganisasi dengan baik dan semestinya,” ungkap Bima yang terbiasa melayani acara pernikahan, pesta, gathering, dan event lain ini.

Royal Event Organizer yang berusaha memberikan ide-ide unik untuk setiap acara, ketepatan waktu sesuai rundown, dan beragam fasilitas demi kelancaran acara serta meringankan beban pengada acara ini menyarankan untuk memilih vendor EO yang memiliki integritas. “Carilah vendor yang memiliki integritas dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan apa yang sudah dijanjikan di awal. Pilih EO yang memiliki kepedulian terhadap klien, karena kepuasan klien merupakan tolok ukur keberhasilan vendor EO,” jelas pemilik akun instagram @bimaroyal ini.

Pilih yang Profesional

Romanza Wedding Consultant & Event Organizer yang diwakilkan oleh sang pemilik, Frans Dwinanta Wijaya ini tak mau ketinggalan membocorkan pentingnya peran EO dalam sebuah pesta. “Fungsi EO sangatlah penting dalam setiap acara, karena EO yang akan membantu klien untuk dapat merencanakan serta merancang akan dibuat seperti apa event-nya. Dengan adanya EO, klien tidak perlu pusing-pusing untuk merencanakan dan menjalankan sebuah acara. EO jugalah yang akan mengoordinasi dengan seluruh vendor dalam acara tersebut,” jelas Frans yang sudah berpengalaman sejak 2004 di Jalan Indragiri Raya No 21 Semarang ini.

Pemilik akun instagram @romanza_ eo dan menawarkan jasa EO wedding, event, launching product, dan ulang tahun ini menyarankan untuk memilih vendor EO yang memiliki jam terbang tinggi. “Pilihlah EO yang berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi, serta EO yang bertanggung jawab penuh terhadap acara dan kliennya. Kami menerapkan One Day One Event untuk setiap acara yang kami pegang, sehingga akan lebih fokus dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada klien kami. Karena pernikahan adalah sekali seumur hidup maka kami berusaha untuk membuat setiap acara berkesan,” tutur Frans sembari tersenyum.

Ricky Kristanto, pemilik Ricky EO yang beralamat di Jalan Ruko Hasanudin No 17K Semarang sejak 2012 ini memberikan beberapa kelebihan menggunakan jasa EO dalam sebuah acara. “EO dapat menciptakan sebuah hasil yang lebih profesional, mencakup ke setiap detail, membantu dalam skill managemen dan negosiasi dengan vendor yang digunakan, membantu menentukan tema yang tepat, fleksibilitas waktu untuk klien yang tak punya banyak waktu luang untuk mengurus acara, dan terakhir adalah memberikan saran-saran profesional,” jelas Ricky yang memegang akun Instagram @rickyeventorganizer ini.

Vendor yang menawarkan jasa wedding, wedding anniversary, sweet seventeen, gathering, launching, dan event ini bekerja secara profesional dan sesuai dengan bujet yang ditentukan klien. Ricky menyarankan memilih vendor EO agar pesta berjalan sempurna. “Pilihlah vendor yang mempunyai track record dalam menangani acaraacara sukses. Pilih juga yang berpengalaman di bidang Eo dan dapat menentukan bujet anggaran supaya tidak habis secara berlebihan. Vendor EO juga harus disiplin dan memiliki follow up report.”(58)

SMCETAK TERKINI