image

BELAJAR DI TAMAN : Sejumlah mahasiswa Uniss Kendal belajar di taman berlatar belakang kolam air mancur. (65) : GEDUNG REKTORAT : Gedung Rektorat Uniss Kendal dilihat dari jalur pantura Kendal. (65)

04 April 2018 | Hello Kampus

Kendal pun Punya Universitas

Universitas Selamat Sri (Uniss) saat ini merupakan satu-satunya universitas yang ada di Kabupaten Kendal. Kampus yang berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 16 hektar tersebut, baru resmi berdiri pada 14 April 2016.

Pendirian universitas itu berdasarkan izin dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 156/KOT/I/2016. ”Kami hari ini belum genap berusia dua tahun. Baru menerima peserta didik sebanyak dua kali,” kata salah satu pengelola Uniss Kendal, Puryono, Selasa (3/4).

Uniss sangat strategis karena terletak tepi jalan utama pantura Kendal, sehingga mudah diakses melalui jalur darat. Calon mahasiswa dari arah timur maupun barat, bisa langsung berhenti di depan kampus, Jalan Soekarno- Hatta, Desa Jambearum, Kecamatan Patebon, Kendal. Puryono menambahkan, pendirian Uniss karena animo masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan di Kendal sangat tinggi. Dituturkan, Yayasan Wakaf Selamat Rahayu berdiri pada 27 Maret 1992. Yayasan itu bergerak dalam bidang pendidikan, untuk mencerdaskan anak bangsa melalui lembaga pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Wakaf Selamat Rahayu. ”Tujuan secara institusional adalah untuk membentuk peserta didik yang berakhlak karimah yang dapat hidup di tengah laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya.

Kepercayaan Masyarakat

Dalam mewujudkan tujuan tersebut, Yayasan Wakaf Selamat Rahayu mengelola SMP dan SMA Pondok Modern Pesantren Selamat. Dalam perkembangannya, menjawab animo masyarakat terhadap lembaga pendidikan sangat tinggi, pada tahun 2012 Yayasan Wakaf Selamat Rahayu mendirikan lembaga pendidikan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Selamat Sri (STIESS) yang terdiri atas dua program studi, Akuntansi (S1) dan Manajemen (S1).

Keberadaan STIESS semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Yayasan Wakaf Selamat Rahayu dalam hal pendidikan tinggi. Sebagai perguruan tinggi ilmu ekonomi di Kabupaten K e n d a l , STIESS b e r - upaya memberikan pelayanan pendidikan tinggi berkualitas dengan biaya murah. Tujuannya memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh lapisan masyarakat guna mengenyam pendidikan tinggi. Seiring berjalannya w a k t u , yayasan melihat fenomena tersebut sebagai sebuah tantangan dalam mencapai tujuan utama, yakni mencerdaskan masyarakat.

Pengelola lalu mengajukan pendirian Universitas Selamat Sri (Uniss) kepada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. ”Kami resmi menjadi universitas setelah dikeluarkannya izin pendirian Universitas oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 156/KPT/I/2016, maka Universitas Selamat Sri (Uniss) secara resmi berdiri,” ungkap Puryono.

Uniss memiliki enam fakultas dengan 12 jurusan. Fakultas itu adalah Teknik dan Rekayasa, Hukum, Psikologi, Fisip, Komputer dan Desain, serta Ekonomika dan Bisnis. Adapun jurusan terdiri dari Sipil, Arsitektur, Industri, Planologi, Desain Komunikasi Visual, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan, Psikologi, Akuntansi, serta Manajemen. ”Jumlah mahasiswa kami sekitar 1.443 orang dengan dosen sekitar 100 orang. Kami memiliki tiga profesor, satu doktor, dan tiga calon doktor. Mahasiswa tersebut sebagian besar dari Kabupaten Kendal,” tutur dia.(65)

Penulis : Rosyid Ridho
Penyunting : Wahyu Wijayanto
Foto : Dokumentasi Uniss

SMCETAK TERKINI