image
07 April 2018 | Ekspresi Suara Remaja

Berdayakan Hobi Memasak

DIantara ratusan start up digital yang bermunculan, madhang.id menjadi salah satu yang menonjol karena dinilai bisa menggandeng ibu rumah tangga. Bahkan, tidak berlebihan jika madhang.id bisa turut memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang dipelopori para ibu.

Madhang.id merupakan terobosan baru garapan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan 15 mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Berbentuk aplikasi kuliner digital, menjadi jawaban bagi mereka yang suka menikmati masakan rumahan.

Melalui website madhang.id, dijelaskan bahwa tiap keluarga berhak untuk bekreasi dan menyajikan makanan terbaik untuk tiap tamu. Dengan menonjolkan “masakan ibu”, tim Madhang tidak lupa untuk menyajikan menu-menu berkualitas, higienis, dan bercita rasa khas.

Saat dilundurkan di Balai Kota Semarang, Desember lalu, Kaesang bercerita bahwa dirinya ditantang sang ayah untuk memajukan UMKM. Gagasan Kaesang lantas tertuju pada ibu-ibu rumah tangga. “Semua ibu-ibu rumah tangga, saya tidak mau di rumah cuma bergosip lewat grup WA, sebarsebarin hoax.

Di sini kita memanfaatkan smartphone kita sebaik mungkin. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Madhang, mengolah resep rumahannya untuk uang jajan,” papar Kaesang. Bagi para ibu rumah tangga, Madhang adalah angin segar.

Hobi memasak yang biasanya hanya dipamerkan ke keluarga, lewat Madhang bisa jadi bernilai ekonomi lebih. Mereka pun tak perlu repot memikirkan warung karena masakan bisa dipasarkan melalui aplikasi. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Kriseptiana Hendrar Prihadi, antusias menyambut madhang.id.

Ia mengungkapkan, timnya terus bergerak melakukan pendampingan untuk ibu-ibu PKK supaya bisa menguasai teknologi informasi. Lewat perkembangan start up seperti madhang.id, UMKM jadi bisa bernilai lebih, terutama dalam hal pemberdayaan masyarakat.(Sofie Dwi Rifayani-63)

SMCETAK TERKINI