image
08 April 2018 | Kabar Gadget

Xiaomi Redmi 5 Plus

Smartphone Mentereng, HARGA NYAMAN DI KANTONG

XIAOMImeresmikan duo Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di Indonesia. Lini tersebut diklaim membawa prinsip utama Xiaomi, yakni menghadirkan smartphone premium untuk semua kalangan.

Salah satunya tampak pada desain Redmi 5 dan Redmi 5 Plus yang mengusung layar penuh alias full-screendengan rasio 18:9, smartphone yang hadir dengan versi MIUI 9 terbaru ini hadir dengan banderol harga yang sama dengan pendahulunya. Desain seperti ini sebelumnya merupakan kemewahan smartphone high-end. Aksi Xiaomi yang menjual ponsel jauh di bawah kompetitornya kembali dilakukan. Setelah Redmi 5A, kini giliran Redmi 5 Plus.

Untuk diketahui, dengan mengusung layar 18:9, Redmi 5 Plus bersaing dengan Vivo V7+ dan Oppo F5. Dengan spesifikasi yang hampir sama, perusahaan besutan Lei Jun itu membanderol lebih murah ketimbang dua kompetitornya. Redmi 5 Plus dengan RAM 4 GB dilepas seharga Rp 2,699 juta. Sementara Oppo F5 dibanderol Rp 3,799 juta, Vivo V7+ dijual Rp 4,299 juta. Melihat itu, sejumlah pihak mengatakan Xiaomi kembali merusak harga pasar. Diposisikan pada kelas menengah, Redmi 5 Plus masih mempertahankan desain khas seri Redmi yang menonjolkan kesan mewah dengan cover belakang aluminium serta unibodi.

Bagian belakangnya memang terlihat sama persis dengan pendahulunya Redmi Note 4. Tata letak tombol dan port pada perangkat ini juga tidak mengalami perubahan dengan sisi kiri diisi oleh tombol daya dan volume. Sementara, slot kartu hybrid nano SIM dan microSD juga menempati bagian kirinya. Adapun untuk bagian atas tersemat port audio yang berdampingan dengan noise-cancellation mic serta inframerah.

Bersama aplikasi Mi Remote, pengguna kini dapat mengendalikan peralatan elektronik rumah tangga dari beragam merek cukup dengan smartphone ini. Pilihan merek yang disediakan juga terbilang lengkap, meski tentu saja soal kompatibilitasnya akan sangat bervariasi tergantung pada tipe atau tahun produksi peralatan elektronik yang digunakan.

Terakhir pada bagian bawah, Anda akan menemui port microUSB yang diapit oleh celah speaker. Layar dengan penampang 5,99 inci tampak menghiasi area depan dari handset ini. Bagian bawahnya bahkan kini tidak lagi dilengkapi oleh tiga tombol navigasi seperti pendahulunya. Diadopsinya layar penuh dengan aspek rasio 18:9 membuat panel dari handset ini jadi punya resolusi yang tidak biasa yakni di angka 1080 x 2160 piksel.

Sisi positifnya, kerapatan pikselnya jadi tidak berubah jika dibandingkan dengan pendahulunya. Sejumlah peningkatan terus diupayakan oleh Xiaomi guna memberikan pengalaman yang lebih baik saat harus menatap layar ponsel dalam jangka waktu lebih lama. Sebut saja penambahan mode baca yang akan mengurangi radiasi sinar biru untuk mengurangi kelelahan mata saat harus membaca di lingkungan yang gelap. Lebih okenya lagi, mode ini dapat Anda jadwalkan untuk aktif pada rentang waktu tertentu.

Tidak cuma kecerahan yang bisa berubah secara otomatis, tingkat kontras dari layar ini juga akan berubah seiring dengan kondisi cahaya sekitar saat perangkat tengah digunakan. Suhu warna yang ditampilkan oleh panel juga dapat diatur sesuai dengan selera. DapurPacu Dengan banderol harga yang sama, Redmi 5 Plus menggunakan dapur pacu yang sama persis dengan Redmi Note 4.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 dengan delapan core Cortex-A53 berkecepatan 2.0GHz masih dipercaya untuk menyokong kinerjanya. Redmi 5 Plus hadir dengan konfigurasi RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sementara bagi Anda yang mengidamkan perangkat yang lebih bertenaga dapat memilih varian RAM 4GB yang lagi-lagi dipasarkan pada label harga sama dengan Redmi Note 4 versi RAM 4GB.

Kamera Bisa Rekam Video 2K

Tidak cuma layar, kamera dari Redmi 5 Plus kini juga berganti dari semula berukuran 13MPmenjadi 12MP. Melihat bukaan lensa yang diusung, Redmi Note 4 tercatat unggul tipis dengan diafragma f/2.0.

Menggunakan aperture f/2.2, jagoan menengah dari Xiaomi ini sudah dilengkapi pula dengan piksel sebesar 1.25?m yang menyertakan pula sejumlah fitur andalan seperti Phase Detection Autofocus, dual tone flash hingga HDR. Filter warna yang disematkan juga terbilang lengkap hingga berjumlah 17 buah yang bisa Anda lihat dulu sebelum melakukan pemotretan.

Redmi 5 Plus selangkah di atas Redmi Note 4 dengan dibekalkannya kemampuan untuk merekam video hingga resolusi 2160p. Jika pengguna menginginkan mengambil video slow motion, maka dapat dipilih resolusi 720p pada kecepatan frame 120fps. Meski terlihat mengesankan di atas kertas, namun perangkat ini sejatinya masih belum dibekali dengan fitur OIS.

Fitur pemindai sidik jari (fingerprint scanner) juga disertakan di bagian belakang, di bawah lensa kamera. Kapasitas baterainya pun bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas, dan yang paling penting harganya ramah kantong. Redmi 5 Soal kamera, Redmi 5 mengusung sensor resolusi 12 megapiksel dengan besaran piksel 1.25 micrometer di sisi belakang.

Untuk kamera depan, terdapat kamera resolusi 5 megapiksel untuk selfie. Seperti biasa smartphone Xiaomi selalu hadir dengan spesifikasi yang mentereng namun dengan harga yang relatif murah, ponsel ini memang terbilang sangat atraktif untuk ukuran ponsel harga dua jutaan.

Xiaomi Redmi 5 Plus hadir sebagai pelengkap saudaranya (Xiaomi Redmi 5) memiliki spesifikasi yang lebih tinggi seperti layar yang lebih lebar, mengadopsi tren ponsel layar lapang dengan aspek rasio 18:9, prosessor & chipset yang lebih tinggi dan baterai yang lebih besar. Beragam fitur dan aplikasi siap sajikan banyak pengalaman unik bagi pemakainya. Contohnya seperti Mi Drop, App Lock, Second Space, Dual Apps dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sisi lain yang juga cukup pantas mendapatkan perhatian adalah kamera belakangnya yang kini sanggup mengabadikan video dengan resolusi hingga 2160p. Redmi 5 Plus jelas masuk dalam kandidat perangkat yang amat layak untuk dibawa pulang. Xiaomi Redmi 5 Plus cocok untuk Anda yang mencari smartphone dengan spesifikasi hardware yang mumpuni namun dengan harga yang relatif nyaman di kantong.( 63)