13 April 2018 | Edukasia

Bela Negara Perlu Ditanamkan sejak Usia Dini

SEMARANG-Prinsip bela negara dan rasa nasionalisme perlu ditanamkan kepada anak semenjak usia dini. Tak kurang keinginan untuk menjaga dan merawat NKRI itu, juga bagian menggelorakan pendidikan karakter cinta Tanah Air.

‘’Alasan itu juga yang membuat siswa-siswi SMA 15 Kota Semarang, wajib ikut dalam kegiatan Program Character Building Camp (CBC) 2018. Kegiatan ini bagian dari mendidik anak-anak untuk kian memahami betapa pentingnya pendidikan karakter. Salah satunya juga cinta Tanah Air,’’ tutur Kepala SMA 15, Soleh Amin, di sela-sela acara CBC, kemarin.

Dikarantina

Disebutkan, ratusan siswasiswi dari berbagai kelas, dikarantina selama hampir sepekan di Kawasan Pawening Jati Wonolopo Mijen. Mereka menjalani kegiatan pelatihan untuk menanamkan prinsip kedisiplinan, kesamaptaan, kerja sama tim, hingga menumbuhkan empati terhadap lingkungan dan alam sekitar.

Program ini juga melibatkan para instruktur TNI dari Akademi Militer TNI Magelang. Kendati terkonsentrasi dan masuk karantina selama beberapa hari tidak terdapat istilah gojlokan dalam kegiatan itu.

Siswa-siswi sangat senang hati karena mendapat kesempatan untuk bisa berinteraksi langsung dengan alam dan masyarakat. Soleh Amin berharap, sikap mental siswa-siswinya akan berubah sepulang dari mengikuti program ini. Utamanya, juga cara pandang tentang nasionalisme, kedisiplinan, setia kawan, empati terhadap penderitaan orang, dan masih banyak karakter positif lainnya.(H41-42)

SMCETAK TERKINI