image

SM/dok - BERIKAN SUARA : Seorang peyandang disabelitas memberikan suaranya dalam sebuah pesta demokrasi memberikan suaranya di sebuah TPS saat sebuah pesta demokrasi di Cilacap. (19)

17 April 2018 | Suara Banyumas

Penyandang Cacat Juga Punya Hak Suara

  • Oleh M Sobirin

PESTAdemokrasi, adalah milik semua kalangan masyarakat. Semua kelompok masyarakat memiliki hak sama yaitu hak untuk memberikan suaranya guna menentukan pilihan mereka dalam sebuah pesta demokrasi. Pemikiran itulah yang kemudian dianut oleh KPU, termasuk KPU Cilacap, untuk memastikan semua lapisan dan kelompok masyarakat mengetahui pelaksanaan sebuah pesta demokrasi, termasuk kelompok disabel.

Mereka harus tahu sejak jauh hari siapa saja peserta dalam sebuah pilkada, bagaimanan teknispelaksanaannya dan hal lain yang terkait dengan sebuah pesta demokrasi. ''Karena semua punyak hak suara maka kelompok disabel pun termasuk dari kelompok masyarakat wajib menjadi sasaran sosialisasi sebuah pilkada,'' kata Komisioner KPU Cilacap, Aniroh, kemarin.

Sosialisasi untuk kelompok disabel terakhir dilakukan pada Kamis pekan lalu. Ini dilakukan agar penyandang disabelitas tahu Pilgub Jateng yang akan dilaksanakan Juni depan dari beragam sisi. Termasuk siapa saja pasangan calon yang akan ikut dalam Pilgub Jateng depan serta banyak hal lainnya.

''Sosialisasi kepada kelompok disabel dilaksanakan terus menerus setiap akan digelar pesta demokrasi, apakah itu Pileg, Pilbub, Pilgub dan pemilihan lainnya,'' kata Aniroh. Dalam sosialisasi yang kemudian dilanjutkan dengan bincang-bincang ini akan muncul masukan dari kelompok difabel.

Termasuk adalah agar akses masuk ke TPS dibuat ramah bagi pengguna kursi roda, agar ada petugas pendamping untuk mereka yang tuna netra dan lain-lainnya. Setiap masukan ini kemudian direspon oleh KPU dengan upaya memudahkan kelompok disabel memberikan suaranya.

Kepada PPK, PPS dan KPPS, KPU Cilacap meminta agar akses ke TPS mudah dilalui oleh kursi roda. Termasuk agar jalan masuk ke TPS tidak berupa undak-undakan atau bertingkat, lebar ruang TPS yang cukup untuk masuknya kursi dan lain sebagainya.

''Sementara untuk petugas pendamping bagi penyandang tuna netra memang sudah disediakan sejak dahulu di tiap KPPS,'' tambah Aniroh. Diharapkan dengan beragam upaya yang dilakukan KPU Cilacap terkait dengan pemilih dari kalangan disabel ini maka suara kelompok disabel bisa tersalurkan. Sehingga aspirasi mereka sebagai warga Indonesia dalam memberikan suaranya dalam sebuah pesta demokrasi dapat tersampaikan.(19)

SMCETAK TERKINI