17 April 2018 | Suara Kedu

Pilkades Serentak di 50 Desa

KOTA MUNGKID  - Sebanyak 50 kepala desa akan berakhir masa jabatannya pada tahun ini. ”Karena itu akan diadakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak. Pilkades akan diatur dengan menggunakan peraturan daerah (perda) baru. Posisinya sekarang masih menunggu keputusan gubernur,” kata Sujadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Magelang, kemarin.

Kasi Pemerintahan Desa (Pemdes), Zaenal Arifin, menyebutkan, ke-50 desa calon penyelenggara pilkdades serentak 2018 tersebar di 16 kecamatan. Di Kecamatan Windusari ada tujuh desa, Tempuran enam desa, Secang empat desa, Grabag empat desa, dan beberapa kecamatan lain.

Dia mengemukakan, dari 50 desa itu, empat orang kepala desa berakhir masa jabatannya pada Juli, 36 orang berakhir Agustus, selebihnya Desember 2018. ”Seorang kades sudah meninggal dunia dan satu lainnya mengundurkan diri,” katanya.

M Adib, anggota Pansus Raperda Pilkades DPRD Kabupaten Magelang mengatakan, dalam aturan baru MK tidak membatasi domisili calon kepala desa. ”Setiap warga negara Indonesia boleh mencalonkan untuk desa di seluruh pelosok Indonesia.

Meski yang bersangkutan tidak pernah berdomisili di desa tersebut,” paparnya. Masa jabatan kades sendiri menurutnya enam tahun. Bagi mantan kades pernah menjabat 10 tahun dalam satu periode, maka dihitung dua periode. (pr- 70)