image

SM/Abdul Muiz - UJI COBA DI RUSIA : Pemanjat tebing Agustina Sari saat berlatih di Blora. Dia bersama atlet pelatnas Asian Games hari ini berangkat ke Rusia dan Tiongkok untuk mengikuti tryout dan training camp. (48)

17 April 2018 | Suara Muria

Agustina Sari Jalani Training Camp di Rusia

BLORA  - Atlet panjat tebing Blora, Agustina Sari, bersama atlet pemusatan latihan nasional (pelatnas) Asian Games akan menjalani tryout dan training camp di Moscow (Rusia) dan Tiongkok selama satu bulan penuh, 17 April-16 Mei.

Timnas Panjat Tebing Indonesia yang sebelumnya mengikuti pemusatan latihan di Yogyakarta selama beberapa bulan itu kemarin sudah berkumpul di Jakarta.

”Mereka berangkat 17 April dari Jakarta. Transit dan menginap satu malam di Bangkok dan selanjutnya langsung terbang menuju Moscow,” ujar Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Blora H Nur Fatoni, kemarin.

Nur Fatoni yang juga sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Blora mengaku telah mendapat pemberitahuan dari manajer pelatnas FPTI pusat terkait keberangkatan Agustina Sari ke Rusia bersama Timnas Panjat Tebing Indonesia.

”Selain Agustina Sari, atlet pelatnas panjat tebing dari Jateng lainnya juga berangkat ke Rusia. Mereka di antaranya adalah Aries Susanti Rahayu (Grobogan) dan M Alfian Fajri (Solo),” tandasnya. Dia pun menyatakan bangga atas perkembangan yang ditunjukkan Agustina Sari selama mengikuti pelatnas.

Sehingga dipercaya masuk tim inti Asian Games dan ditunjuk mengikuti tryout serta training camp di Rusia. ”Selain latihan bersama atlet Rusia, tim pelatnas panjat tebing Indonesia juga dijadwalkan akan mengikuti sejumlah kejuaraan internasional di negara tersebut,” ujar Nur Fatoni.

Selain dalam rangka menyiapkan diri mengikuti Asian Games, keikutsertaannya dan pamanjat tebing lainnya dari Jateng di pelatnas juga berguna sebagai persiapan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018.

Medali Emas

Asian Games akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September. Adapun Porprov Jateng berlangsung di Solo, 19-26 Oktober.

Agustina Sari pun diharapkan bisa mempersembahkan medali emas bagi kontingen Indonesia di Asian Games ataupun kontingen Blora di Porprov. Selain Agustina Sari, di tim pelatnas Asian Games bercokol sejumlah pemanjat tebing asal Jateng.

Di bagian putri mereka antara lain Aries Susanti Rahayu (Grobogan), Santi Wellyanti (Banyumas) dan Ndona Nasugian (Kudus). Adapun di bagian putra antara lain M Alfian Fajri (Solo) dan Kiromal Katibin (Batang).

Mereka turun di kelas yang berbeda- beda di Asian Games. Di kategori speed putra, atlet pelatnas terdiri atas Aspar Jaelolo, Alfian M Fajri, Abudzar Yulianto, M.Hinayah, Pangeran Septo WS, Rindi Sufriyanto, Sabri dan Vedriq Leonardo.

Adapun atlet speed putri; Agustina Sari, Aries Susanti Rahayu, Fitriyani, Muji Mulyani, Nurul Iqamah, Puji Lestari, Raji’ah Sallsabillah dan Santi Wellyanti. Atlet combined putra terdiri dari Seto dan Kiromal Katibin.

Sedangkan atlet combined putri Widya Fujiyanti dan Ndona Nasugian. Para atlet speed akan dijajal kemampuannya dalam World Cup di Moskow, Rusia pada 19-23 April. Setelah itu, mereka akan melakoni†training camp†di Tyumen, Rusia pada 24 April hingga 2 Mei 2018.

Dari Tyumen, mereka bertolak ke Tiongkok untuk mengikuti World Cup di Chongqing pada 5-6 Mei 2018. Setelah itu mereka akan mengikuti World Cup di Taiwan 12-13 Mei 2018. Adapun atlet combined tetap berlatih di Yogyakarta bersama pemanjat tebing Kamboja.(H18-48)