image

KAYA REMPAH: Menu Bebek Bumbu Ireng siap disajikan di Hotel Noormans Semarang, Jl Teuku Umar Jatingaleh, Rabu (10/1). (suaramerdeka.com / Maulana M Fahmi)

11 Januari 2018 | 07:23 WIB | Kuliner

Bebek Ireng, Tekan Kolesterol dengan Bumbu Madura

SEMARANG, suaramerdeka.com- Sajian olahan masakan bebek memang banyak digemari, namun karena memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi, masakan dari jenis unggas ini kerap dihindari sebagian orang.

Berawal dari hal tersebutlah membuat tim De Jawi’s resto Hotel Noormans Semarang kembali berinovasi untuk memadukan olahan bebek dengan rempah resep Madura untuk menekan kadar kolesterol. Executive Chef Andreas Indra Herlambang mengatakan Bebek Bumbu Ireng menjadi solusi bagi penggemar olahan daging bebek namun tetap aman dalam kadar kolesterol.

"Kami menghadirkan sajian menu Bebek Bumbu Ireng yang merupakan makanan khas Madura denga  rempah yang khas  sehingga dapat  menghangatkan tubuh. Bumbu yang digunakan diantaranya cabe, jahe, bawang merah, bawang putih serta rempah-rempah lainnya. Banyaknya bumbu rempah khas ini dapat mengurangi kadar kolesterol apalagi disajikan dengan daun papaya rebus serta kecambah mentah," katanya.

Chef Andre mengatakan makanan khas Madura ini menggunakan daging bebek yag diolah dengan digoreng krispi dan disiram saos bumbu hitam. Bumbu rempahnya berwana hitam namun bukan gosong melainkan karena hasil proses pemasakan yang lama. Daging bebek juga sebelumnya telah diungkep hingga empat jam agar lebih empuk dan meresap bumbunya.  

"Kami sengaja menghadirkan makanan-makanan khas Nusantara yang terlahir dari resep-resep turun menurun dari nenek moyang sehingga menghadirkan cita rasa daerah yang khas. Indonesia yang mempunyai kekayaan pulau, budaya  begitu juga dengan kekayaan cita rasa masakan tradisional. Makanan tradisional ini yang perlu kita angkat agar tidak tenggelam dengan makanan fast food yang kini banyak digemari generasi muda,”jelasnya.

Chef Andreas mengatakan selain Bebek Bumbu Ireng, hotel di Jl Teuku Umar Jatingaleh Semarang tersebut juga menyajikan galeri soto Nusantara dengan pilihan Soto Betawi, Soto Medan, Soto Kudu, Coto Makasar dan Soto Sumenep.

(Maulana M Fahmi /SMNetwork /CN26 )